Pernahkah Kita Mencuci Kaki Orang Tua Kita?


Pernahkah kita sebagai anak mencuci kaki orang tua kita?

Apakah mencuci kaki orang tua kita adalah sebuah hal yang memalukan?

Pernahkah kita berfikir, pada saat kecil berapa kali ibu kita memandikan kita? Membersihkan kotoran kita? Pernahkah orang tua kita mengeluh jijik melakukan hal tersebut?

Pernahkah kita merenungkan kesalahan apa saja yang telah kita lakukan terhadap mereka? Entah kita melawan mereka, memarahi mereka, membantah omongan mereka, membuat mereka sakit hati. Apakah kita pernah berfikir betapa perihnya perasaan mereka saat kita melakukan hal-hal tersebut?

Kita berfikiran bahwa orang tua kenapa begitu bawel kepada kita, begini salah, begini tidak boleh, begini dilarang. Tapi setelah orang tua kita tidak ada lagi, kita akan sangat rindu sekali dengan ocehan-ocehan tersebut.

Bila kita benar-benar mencintai orang tua kita, maka luangkanlah waktu untuk mencuci kaki mereka. Pada saat mencuci kaki mereka lihatlah.....

Kaki mereka yang sudah menjadi sangat rapuh dan berkeriput.....

tangan mereka yang sudah semakin kurus.....

muka mereka yang sudah semakin tua.....

air mata kebahagiaan yang menetes membasahi pipi mereka....

Ciumlah kaki mereka dengan sepenuh hati.....

Peluklah tubuh mereka yang sudah semakin rentan....

Ingatlah, hidup mereka sudah tidak panjang lagi, kita tidak tahu kapan mereka akan dipanggil oleh Yang Maha Kuasa, janganlah berbakti pada saat mereka telah tiada, tetapi buatlah mereka bahagia pada saat mereka masih berada disisi kita.




loading...

Comments