Cara Menjaga Kesehatan Mata


Mata adalah sebuah organ yang sangat penting didalam hidup kita, tanpa adanya mata pasti hidup kita akan gelap dan tidak berarti. Dibawah ini adalah beberapa tips bagaimana kita merawat mata kita :

1 . Tidak Merokok

Merokok berarti menghisap racun masuk ke dalam tubuh.dengan kandungan racun yang terdapat di dalam rokok maka anda berpotensi untuk mengalami :
  - Katarak
  - Kerusakan saraf penglihatan
  - Degenerasi

2. Lakukan pemeriksaan ke dokter mata
Beberapa penyakit atau gangguan pada mata membutuhkan pertolongan serius dari dokter mata. Namun, tidak hanya itu, mata yang normal dan sehat pun ada baiknya diperiksakan ke dokter mata, terutama apabila sudah berusia lebih dari 40 tahun. Hal ini harus ditempuh, terutama apabila :
  - Merasakan adanya rasa gatal, pembengkakan, iritasi dan mata merah.
  - Penglihatan yang menjadi lebih buram
  - Penglihatan kabur
  - Sulit membedakan warna

3. Tidur dengan teratur.
Tidur akan membantu anda mengistirahatkan mata anda. setelah seharian bekerja dengan berat, maka mata anda juga membutuhkan istirahat agar rileks dan segar untuk aktivitas keesokan harinya. Selain itu, dengan tidur, syaraf penglihatan anda juga akan ikut beristirahat.

4. Hindari mengucek mata
Ketika mata anda terasa gatal dan perih, biasanya anda akan refleks untuk mengucek mata anda. hal ini boleh dilakukan, tapi jangan terlalu sering, karena dapat menimbulkan iritasi yang berbahaya bagi mata anda. mengucek mata dapat menyebabkan :
  - Mata memerah
  - Pendarahan
  - Iritasi pada mata

5. Jaga jarak mata anda dengan televisi dan layar
Hal ini sangat penting, mengingat banyak kelainan mata, seperti mata minus disebabkan oleh hal ini. Berikut ini patokan jarak minimum mata anda dari layar :
  - Minimal 30 cm dari layar komputer
  - Minimal 2 meter dari layar televisi

6. Jangan membaca sambil tidur.
Membaca sambil tiduran memiliki efek besar pada pembentukan mata silindris. Walaupun terkadang silindris merupakan keturunan, namun dengan seringnya membaca sambil tiduran akan sangat berpotensi menambah nilai silindris pada mata anda.

7. Jangan membaca dalam gelap
Ketika membaca dalam gelap, maka mata anda akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan cahaya dalam ruangan. Hal ini dapat merusak kinerja mata, dapat menyebabkan mata minus, silindris, dan rasa pegal saat membaca. Hindari membaca di tempat gelap, dan carilah ruangan dengan pencahayaan yang baik untuk membaca.




source : kaskus
loading...

Comments