Perubahan Sifat Manusia Bagaikan Setetes Air



Coba kita perhatikan sebuah tetesan air. Tetesan air apabila berada dalam gelas merah, maka air itu akan terlihat merah. Jika air tadi dipindahkan ke dalam gelas kuning, maka air tadi akan menjadi kuning. Dan jika dipindahkan lagi kedalam gelas hijau, maka air tadipun akan berubah menjadi warna hijau. Begitus seterusnya. Air yang semula jernih, akan mengikuti warna gelas yang akan menampungnya, bahkan air tersebut juga akan berubah bentuk sesuai dengan wadah yang menampungnya pula.

Jika diperhatikan dengan mendalam, tetesan air yang tadi sama dengan hati manusia. Gelas ataupun wadah yang menampung air tersebut ibarat lingkungan sekitar dan masalah yang ada dalam kehidupan manusia.

Bila kita sedang berada dalam situasi yang menggembirakan, maka hati kita pun akan ikut gembira. Saat semua orang mulai tak adil kepada kita, maka hati kita pun ada perbandingan kepada orang lain. Dan bila kita sedang mengalami kekacaun, entah dalam karier, keluarga, ataupun lingkungan sekitar, maka hati kita akan merasa tidak tenang.

Tetapi harus disadari bahwa sesungguhnya yang bisa menentukan warna hati kita adalah diri kita sendiri. Warna apapun yang kita inginkan bisa kita dapatkan, karena kita adalah tuan rumah hati kita. Oleh karena itu, jadilah diri kita sendiri apa adanya, janganlah mudah terpengaruh oleh hal buruk ataupun hal yang negatif.
loading...

Comments