Memberi Tanpa Mengharapkan Imbalan Adalah Sebuah Berkah



Setiap hari Pak Budi selalu pergi kepasar untuk berjualan susu kacang. Setiap hari beliau bangun jam 3 pagi untuk memulai membuat susu kacang dan berangkat kepasar jam 6 pagi sampai 2 siang. Setelah berjualan dipasar, pada siang hari sampai malam hari, beliau berkeliling mendorong gerobak untuk menjual susu kacangnya tersebut.

Pada suatu hari, Pak Budi melihat seorang anak kecil dengan pakaian yang lusuh dan kurus sedang bekerja dipasar sebagai pengangkut barang. Karena tidak tega melihat kejadian tersebut, setiap hari Pak Budi selalu memberikan 2 bungkus susu kacang dan roti untuk anak tersebut makan.

10 Tahun pun lewat tanpa terasa. Dikarenakan kondisi kesehatan Pak Budi pun semakin lama semakin menurun, sekarang beliau tidak bisa setiap hari berjualan dipasar lagi.

Sampai suatu ketika, Pak Budi tiba-tiba pingsan dan dilarikan kerumah sakit. Setelah diperiksa oleh dokter, Ternyata Jantung Pak Budi mengalami masalah dan harus segera dioperasi. Sebenarnya kondisi ekonomi keluargapun sedang tidak bagus, tapi karena tidak ada cara lain, makan terpaksa dilakukan operasi tersebut.

Operasinya pun berjalan dengan lancar. Tetapi masih ada satu kekhawatiran, yaitu biaya operasi pastilah sangat mahal. Saat istri Pak Budi membuka perincian biaya operasi, ia sangat kanget bahwa biaya operasi Pak Budi adalah 0 rupiah. Didalam amplop rincian biaya terdapat selembar kertas kecil yang bertuliskan : "biaya operasi sudah dibayar dengan susu kacang"

Memberi adalah sebuah hal yang indah. Belajarlah memberi tanpa mengharapkan imbalan, karena Tuhanlah yang akan memberikan imbalan kepada kita.
loading...

Comments