Semua Kejadian Ada Sebabnya, Janganlah Mengeluh

Manusia pasti dan akan selalu mempunyai harapan. Berharap segala sesuatu berjalan seusai kemauannya. Bila ada suatu hal yang tidak sesuai, mengeluh adalah hal yang pasti. Sungguh sangat manusiawi sekali.

Tak jarang nasib, takdir, bahkan Tuhan pun menjadi kambing hitam dalam setiap keluhan kita. Misalnya jika diberi tugas dan tanggung jawab besar dalam lingkungan pekerjaan, manusia cenderung mengeluh karena merasa beban begitu berat. Namun sebaliknya, jika tidak ada pekerjaan yang bisa dikerjakan, manusiapun mengeluh karena saat seperti itu waktu berjalan begitu lambat. Satu contoh lagi, Pada saat hujan, ada orang yang mengeluh karena jemuran tidak kering, tetapi pada saat terik panas, ada sebagian orang mengeluh cuaca terlalu panas dan gerah.

"Yang kumau tidak begini keadaannya. Tuhan tolonglah rubahlah semua keadaan menjadi seperti yang aku inginkan, dan yang ku tidak inginkan janganlah Tuhan berikan."

Janganlah terus mengeluh didalam kehidupan ini dan menggangap kehidupan ini tidak adil. Everthing happens for a reason. Anggaplah semua kejadian didalam hidup ini layaknya skenario yang memang wajib dijalankan untuk menujung akhir yang membahagiakan.

Nikmati perjalanan hidup ini dengan perasaan bahagia. Jangan sia-sia kan hidup hanya untuk mengeluh tentang hal-hal yang tidak berguna. Maksimalkan kemampuan yang dimiliki. Belajarlah untuk lebih berlapang dada, sehingga semua kejadian yang tidak sesuai dengan harapan kita bisa kita terima dengan iklas , hidup pun akan jauh menjadi lebih bahagia.

Komentar