Makna Sebenarnya Dari Hari Ulang Tahun


Rama merupakan seorang pelajar yang dikenal sebagai orang yang periang dan selalu membantu temannya dapat mengerjakan tugas. Setiap hari rama selalu diantar dan dijemput ayahnya untuk pergi kesekolah. Rama juga dikenal sebagai anak yang suka membantu guru dan semua guru menyukainya. Tapi ada hal aneh yang terjadi pada Rama, setiap tahun tanggal 26 november , Rama selalu tidak masuk kesekolah, dan selama 3 hari setelah hari itu rama selalu terlihat sedih dan tidak bersemangat.

Suatu hari diadakan perayaan hari ibu disekolah. Pada saat acara tersebut berlangsung, Rama selalu saja tertunduk dan wajahnya terlihat sedih. Melihat kondisi tersebut, ibu guru pun memanggil dia lalu bertanya : "Kamu sudah bersekolah disini sudah hampir selama 8 tahun, ibu sudah mengenalmu dengan baik, kamu adalah anak yang periang dan penurut. Tetapi kenapa setiap tanggal 26 november, yang juga merupakan hari ulang tahunmu, kamu tidak pernah masuk sekolah dan selalu sedih setelah hari itu lewat?" Rama dengan mata yang berkaca-kacapun menjawab pertanyaan dari ibu guru : "saya benci hari itu !! " Ibu gurupun sangat terkejut dengan jawaban dari Rama dan kembali bertanya : "kenapa seperti itu, bukankah hari ulang tahun merupakan suatu hari yang sangat membahagiakan?
air matapun mulai berjatuhan, rama dengan suara yang tersendak-sendak menjawab : “Mungkin semua orang akan bahagia saat berulang tahun, tetapi tidak bagi saya, karena hari ulang tahun saya sama dengan hari kematian ibu saya.”

Setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata Ibu Rama meninggal saat melahirkan rama. Semenjak tahu hal tersebut, pada saat hari ulang tahunnya, dia selalu mengurung diri dikamar dan tidak ingin bicara dengan siapapun, dia selalu membayangkan wajah ibunya melalui selembar foto.


Pada saat ibu melahirkan kita, nyawapun menjadi taruhannya. Tetapi semua ibu didunia ini pasti berfikir bahwa mereka lebih memilih nyawa anak mereka ketimbang dengan nyawa mereka sendiri.
Oleh karena itu, makna sebenarnya dari hari ulang tahun adalah hari dimana ibu kita sedang bertarung melawan maut untuk melahirkan kita. 

Sudah sepantasnya kita pada saat hari ulang tahun banyak-banyaklah minta maaf kepada ibu kita dan bersyukur karena telah memiliki ibu yang luar biasa
loading...

Comments