Cara Mengontrol Diri Saat Emosi


semua orang didunia pasti pernah merasakan emosi atau marah terhadap sesuatu, ini merupakan sebuah sifat alami sebagai seorang manusia. Namun seperti yang kita tahu , bahwa emosi merupakan sesuatu hal merugikan diri sendiri dan orang lain. lantas bagaimanakah cara kita agar dapet mengontrol emosi kita?


1. Alihkan pikiran kita dari hal yang membuat kita emosi
kita emosi pastilah memiliki suatu sebab, oleh karena itu, saat kita emosi terhadap satu hal, cepat-cepatlah menjauh dari hal tersebut dan alihkan pikiran kita kehal lain, misalnya bermain game, berolaraga, menonton tv, ataupun melakukan hobi kita.

2. Megingat apa resiko yang akan terjadi bila kita emosi
emosi yang berlebihan bisa saja merugikan diri sendiri, contohnya : saat kita kalah dalam sebuah permainan dihandphone (misalnya mobile legend, AOV,dll), banyak dari anak muda yang merasa emosi lalu membanting hpnya sendiri, lalu hpnya rusak. Setelah lewat 2-3 menit kejadian itu, pemuda ini pasti akan menyesal karena tidak bisa mengendalikan emosinya. satu contohnya lagi, kita sedang berjalan dijalan,tidak segaja ada orang yang menyenggol kita, kitapun merasa emosi dan langsung mengajak berantem orang tersebut, lalu akhirnya kita pun babak belur, bukankah ini sudah sangat merugikan diri sendiri??
oleh karena itu, mengingat resiko yang akan terjadi saat kita emosi merupakan sesuatu yang penting untuk mengontrol emosi kita.

3. Selalu berfikiran positif

ini merupakan bagian terpenting dalam mengontrol emosi kita, karena kebanyakan kasus emosi disebabkan oleh salah paham terhadap suatu hal ataupun orang lain. oleh karena itu, asalkan kita selalu berfikir positif, tidak berfikiran buruk tentang orang lain, pasti emosi kita akan terkontrol jauh lebih baik lagi.

inilah 3 cara agar kita dapat mengontrol emosi kita. semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua :)

Komentar